5 Manfaat Baik Cokelat

Bukan sebuah rahasia lagi jika cokelat menjadi makanan yang disukai banyak kalangan usia mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Rahasia nikmatnya cokelat terletak pada kakao yang tak hanya memberikan sensasi manis dan pahit tapi juga mengandung banyak zat bermanfaat. Selain menjadi sebuah simbol atau bentuk kasih sayang dan menyembuhkan patah hati, ternyata cokelat juga memberikan manfaat nyata untuk kesehatan seperti berikut ini. Simak langsung, yuk!

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Biji kakao kaya akan nutrisi tanaman yang disebut flavanoid.Di antara ragam cokelat, jenis cokelat hitam adalah yang paling besar mengandung nutrisi tersebut. Apa sih manfaat dari flavanoid? Zat ini memiliki sifat antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, menurut pakar kesehatan dari Universitas Harvard, mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga dapat mengurangi risiko atrial fibrillation (kondisi detak jantung yang tidak teratur) yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, maupun komplikasi jantung lainnya.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Selama ini cokelat identik sebagai musuhnya diet. Jika merasa terlalu banyak makan, cokelat hitam bisa jadi solusi untuk menurunkan nafsu untuk mengunyah lebih banyak lagi. Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatur nafsu makan, menurut sebuah penelitian kecil oleh para peneliti Universitas Kopenhagen.

3. Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Sebuah studi tahun 2014 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid. Jadi, jika Colavers sudah mulai sering lupa mulailah mencoba untuk mengonsumsi cokelat.

4. Dapat Melindungi/Membersihkan Kulit

Colavers sedang melakukan perawatan kulit? Atau sedang melindungi kulit dari paparan sinar matahari? Yuk, mulai rutin mengonsumsi cokelat sebagai camilan sehat. Pasalnya, beberapa penelitian menunjukan kandungan flavanols dalam cokelat bisa membuat kulit dua kali lebih terlindungi dari efek merah dan terbakar akibat sinar matahari. Tapi sebaiknya pilihlah cokelat yang rendah gula, karena kebanyakan gula justru bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

5. Dapat Mengurangi Stres

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat cokelat untuk menenangkan pikiran. Salah satunya, penelitian dari UC San Diego yang menunjukkan orang yang sedang cemas dan tertekan akan mengalami penurunan hormon stres saat mengonsumsi setengah ons dark chocolate per hari selama dua minggu.

 

Related Posts

Inspirasi Menu Berbuka Puasa
Sejarah Ditemukannya Coklat
CUTE SHORT DESSERT

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *