6 Kue Unik Di Berbagai Negara

3

Kue merupakan salah satu jenis makanan yang sudah sangat mendunia sebagai teman teh terbaik bagi pagi atau sore hari. Kapanpun kue sangat cocok disantap jika dibarengi dengan teman-temannya bukan?

Jenis kue yang ada di Indonesia memang sangat banyak sekali sehingga jarang dari orang-orang mengenal semua jenisnya. Namun pernahkah mendengar kue unik di negara lain yang memang khas negaranya? Berikut ini merupakan 6 kue unik yang memang khas di berbagai negara seperti pancake instan Gandum Mas yang tepat sebagai pilihan anda.

1. Kahk (Mesir)
Di Indonesia ada ketupat yang merupakan sajian khas lebaran, orang Mesir memiliki kahk. Kahk sendiri merupakan makanan kecil yang biasa disajikan oleh warganya ketika Idul fitri tiba. Kahk merupakan kue yang terbuat dari tepung dan kacang dengan taburan gula diatasnya dan merupakan salah satu kue khas Idul Fitri di negara muslim terutama timur tengah.

2. Hamantaschen (Israel)
Kue Hamantaschen ini merupakan makanan khas perayaan Purim di kepercayaan kaum Yahudi. Perayaan tersebut merupakan ritual pemberian makanan kepada warga tidak mampu dan memakan kue khas Purim. Dan makanan yang biasanya mereka sajikan pada perayaannya adalah Hamantaschen. Pastry dari kuenya berbentuk segitiga yang dalam bahasa Hebrew dengan nama oznei haman.

Kue ini sebenarnya seperti cookies yang diisi dengan biji poppy, buah kering, coklat dan jenis isi lainnya yang tentunya manis.

3. Kue Bulan (China)
Mungkin ini sudah sering anda lihat pada perayaan tahun baru china bukan? Tentu saja ini adalah kue khas negara dari China. Tekstur yang dimiliki kue ini mirip sekali dengan pastry namun lebih padat. Bagian isinya diisi dengan selai kacang merah atau selai biji teratai yang banyak. Namun kadang ditambahain kuning telur asin utuh sebagai simbol dari bulan purnama.

Kue bulan ini merupakan salah satu bentuk persembahan yang ada pada kaisasr China untuk diberikna kepada matahari ketika musim semi dan kepada bulan di musim dingin.

4. Kaak (Tunisia)
Kuenya lebih kearah roti sebenarnya untuk Kaak ini. Karena dikenal juga sebagai patthar ki roti atau stone bread yang berarti roti batu.

Roti batu ini disebut karena memang dari proses pembuatannya. Adonan Kaak ini akan dipipihkan di atas batu, dibentuk serta dipangang di sebuah tandoor. Dan proses inilah kaak akan berubah menjadi sekeras batu. Namun ketika dingin roti ii berubah menjadi empuk.

5. Baklava (Turki)
Kue baklava ini merupakan jenis makanan ringan yang berada di kawasan Turki dan daerah tempat mantan kekuasaan kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicindang dan diberi pemanis beberapa gula atau madu yang dibungkus adonan roti tipis.

6. Banh Chung Dan Banh Day (Vietnam)
Banch chung sendiri merupakanan makanan yang biasa disajikan warga Vietnam saat Tet atau perayaan tahun baru Vietnam yang berlangsung setiap awal musim semi.

Banh chung dan banh day ini memiliki penampilan dan rasa yang mirip dengan bachang. Terbuat juga dari nasi serta beras ketan yang diisi dengan daging berbumbu kemudian dibungkus dengan daun dan dikukus hingga matang.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *