Fakta Menarik Seputar Kue Tradisional

1

Beberapa kue tradisional yang terdapat pada Indonesia kini sudah menjadi salah satu bagian dari dessertnya masyarakat sekarang. Karena makanan kue tradisional tersebut memiliki rasa yang khas dan pastinya membuat ketagihan siapapun.

Namun selain dari rasa, ada juga beberapa bahan yang sangat khas dari kue tradisional tersebut dan banyak digemari masyarakat zaman dahulu hingga sekarang ini. Apa kalian mengenal jenis kue tradisional seperti kue serabi ? Hmm sepertinya sudah sangat umum bukan?

Kue serabi atau surabi sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu ‘sura’ yang artinya besar. Kue serabi ini merupakan makanan kue khas Indonesia yang masih saja diperdebatkan. Pertama dari India yang disana disebut appam. Kuenya terbuat dari tepung beras dan santan.

Kedua, karena adanya pengaruh dari Belanda. Kalian bisa melihat jajanan di Sumatera Barat yang disebut dengan pinukuik atau Pancake (Bahasa Belanda). Namun karena selama ini kita mengenal kue serabi berasal dari Indonesia pastinya kita menganggap milik tanah air bukan?

Selain dari kue serabi tersebut ada juga onde-onde yang umum dijumpai dimana saja. Kue onde dahulu memiliki isi seperti kacang ijo atau kacang merah. Namun kini sudah ada yang isinya dengan Coklat Compound gandum mas yang membuat rasanya unik dan enak untuk disantap.

Ada juga kue tradisional yang disebut dengan roti gambang. Pernahkah kalian melihat jenis makanan tradisional satu ini? Roti gambang ini berasal dari pulau jawa khususnya di Jakarta . Roti gambang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula merah. Kalau kalian lihat roti jenis ini mirip sekali dengan roti barat bukan? Namun roti ini sangat berbeda tekstur dan rasanya. Jadi cukup unik bukan?

Kue cincin, pasti kalian pernah memakannya bukan? Kue tradisional jenis ini mirip dengan donat seperti makanan khas barat. Namun kue cincin terbuat dari tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan gula merah yang membuat rasanya gurih, manis, enak dan lembut di lidah.

Meksipun begitu, kue cincin dan donat menjadi salah satu makanan yang masih digemari masyarakat kini meskipun keduanya berbeda asal dan bahannya. Makanan tradisional berbagai daerah di Indonesia membuat kita semakin lengket dengan beragam macam makanan khas masing-masing daerah.

Ada banyak jenis dari kue tradisional indonesia yang memiliki bentuk dan rasa beragam. Jangan tinggalkan kue khas Indonesia dan jaga selalu kelestariannya dengan membuat kreasi baru lainnya dari kue tradisional tersebut. Membuat cake dari kue tradisional pun menjadikan acara anda berbeda dibandingkan dengan biasanya bukan? Maka dari itu, salah satu ciri khas kue tradisional Indonesia adalah kesederhanaan serta rasa yang unik sehingga menjadikannya ikon masyarakat tanah air.

Demikian fakta unik dari beberapa kue tradisional yang ada di Indonesia. Jika kalian suka bervariasi dengan kue, yuk coba buat kue tradisional tersebut lebih modern dengan kreasi kalian seperti kue onde tadi yang isinya cokelat sebagai variasi baru dari Onde.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *