Indonesia      |     English  
 
  Rabu, 08 September 2010
 
 
  User Id :  
  Password :  
 
 
   
  Register | Forgot Password
 
 
 
  Articles
 
Cokelat Hitam menurunkan C-Reactive Protein

Beberapa penelitian telah memperlihatkan manfaat dari konsumsi cokelat terhadap tekanan darah pada pasien dengan hipertensi esensial. Konsumsi cokelat hitam (dark chocolate) sejumlah 100 gram selama 2 minggu dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolestarol LDL (low density lipoprotein), memperbaiki aliran darah, serta memperbaiki resistensi insulin pada kelompok pasien yang menderita hipertensi.

Dr. Romina di Giuseppe dan rekan dari Catholic University, Campobasso, Italia melaporkan hasil penelitian yang mereka lakukan dalam Journal of Nutrition edisi Oktober 2008. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi cokelat hitam (dark chocolate) dalam jumlah tertentu dapat mengurangi kadar CRP (C-reactive protein) dengan bermakna.
Penelitian ini merupakan penelitian epidemiologi yang dinamakan the Moli-sani Project, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor genetik dan lingkungan dengan penyakit kardiovaskular dan kanker di daerah Molise, Italia. Penelitian ini melibatkan 25.000 individu.
Dr Licia Iacoviello dari Catholic University, Campobasso, yang merupakan peneliti senior dalam penelitian ini mengatakan bahwa penurunan CRP karena konsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Beliau juga mengatakan bahwa penelitian ini adalah penelitian populasi pertama yang meneliti hubugnan antara cokelat hitam dengan inflamasi.
Dari 4849 peserta penelitian yang sehat dan bebas dari faktor risiko, para peneliti menemukan 1317 peserta yang tidak mengkonsumsi cokelat hitam dan 824 peserta yang mengkonsumsi cokelat hitam dengan teratur. Para peneliti kemudian meneliti hubungan antara kadar CRP dalam darah dengan konsumsi cokelat.
Setelah melakukan penyesuaian terhadap faktor-faktor lainnya seperti umur, jenis kelamin, status sosial, aktifitas fisik, tekanan darah sistolik, BMI (body-mass index), dan asupan energi total, para peneliti menemukan bahwa kadar CRP pada kelompok yang mengkonsumsi cokelat adalah 1,10 mg/L dan pada kelompok yang tidak mengkonsumsi cokelat adalah 1,32 mg/L (p<0,0001). Para peneliti menambahkan, walaupun penurunan risiko rata-rata kardiovaskular hanya 17%, namun sudah dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
Para peneliti juga menemukan sesuatu yang sangat menarik: peserta yang mengkonsumsi cokelat hingga 20 gram tiap 3 hari (6,7 gram tiap hari), memiliki kadar CRP lebih rendah bermakna dibandingkan dengan peserta yang tidak mengkonsumsi cokelat dan mereka yang mengkonsumsi jumlah cokelat yang lebih besar.
Jadi, bila seseorang ingin mendapatkan keuntungan dari konsumsi cokelat, hendaknya mengkonsumsi cokelat dengan jumlah sedang saja, karena bila mengkonsumsi terlalu banyak, maka efek menguntungkan ini akan menghilang. Dr. Iacoviello mengatakan bahwa dengan meningkatkan konsumsi cokelat, manfaat yang diberikan oleh cokelat menghilang, sama seperti dengan konsumsi anggur. Konsumsi coklat yang banyak, dapat meningkatkan kadar lemak dan meningkatkan kalori, yang melampaui efek menguntungkan cokelat. Pernyataan serupa disampaikan oleh The British Heart Foundation.
Penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan sebelumnya yang memperlihatkan bahwa konsumsi cokelat dapat memiliki efek menguntungkan terhadap tekanan darah dan memberikan wawasan baru mengenai hubungan antara makanan yang kaya akan flavonoid dengan inflamasi dan proteksi kardiovaskular.
Para peneliti menyimpulkan pula bahwa penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk menerangkan mekanisme yang menghubungkan antara konsumsi cokelat hitam dengan kadar CRP dalam darah.
Kesimpulan:
Konsumsi cokelat hitam (dark chocolate) berhubungan dengan penurunan kadar CRP.
Jumlah cokelat yang dibutuhkan untuk memberikan penurunan kadar CRP yang bermakna adalah 20 gram tiap 3 hari atau 6,7 gram tiap hari.
 
sumber: kalbe.co.id
 

[ kembali ]
 
 
Adalah cokelat butir compound yang memilki rasa cokelat yang tinggi, warna coklat kemerahan,dibuat khusus untuk keperluan bakery dan confectionery.
 
 
Buletin yang dikeluarkan oleh Marketing communications Division PT. Gandum Mas kencana ini untuk memberikan inspirasi kepada para baker untuk lebih inspiratif.
 
   
copyright © 2009 design@faberhost.com - All Rights Reserved