Ketahui Pentingnya Roti Untuk Sarapan

1738a

Sebelum beraktivitas, biasanya hampir semua orang selalu meluangkan waktu untuk sarapan. Selain sebagai pengganjal perut yang lapar, sarapan juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan energi sebelum memulai hari.

Banyak menu sarapan yang biasa dikonsumsi oleh semua orang, mulai dari yang berat seperti nasi hingga yang ringan seseperti roti. Berbicara tentang Roti, di negara-negara seperti Amerika, roti sudah dijadikan menu wajib saat sarapan tiba, mengapa?

Selain orang barat jarang mengonsumsi nasi, roti dipilih karena mengandung nutrisi dan karbohidrat yang ideal untuk perut mereka. Disamping itu, ada kandungan dan manfaat lainnya dari sarapan dengan selembar roti khususnya yang dipadukan dengan coklat compound gandummas. Apa saja manfaatnya? simak informasinya berikut ini.

Nilai gizi roti

Secara umum roti dibedakan menjadi beberapa jenis mulai dari roti tawar hingga roti manis. Roti tawar dapat dibedakan lagi atas roti putih (white bread) dan roti gandum (whole wheat bread). Sedangkan roti manis sendiri dibedakan atas dasar bahan pengisinya, seperti roti isi pisang, nenas, kelapa, daging sapi, daging ayam, sosis, coklat, keju, dan lain sebagainya.

Jika dibandingkan dengan 100 gram nasi putih atau mie, maka 100 gram roti memberikan energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan besi yang lebih banyak untuk Anda.

Sebagai menu sarapan atau bekal, roti bisa dikreasikan dengan beragam jenis makanan lainnya seperti susu, telur dadar hingga telur goreng serta ham. Menu sarapan dengan roti bisa meningkatkan perolehan zat gizi, khususnya protein yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak Anda.

Di dalam kelompok bakery , roti merupakan produk yang paling pertama dikenal dan paling populer hingga saat ini. Komposisi roti tawar umumnya terdiri dari: 57% tepung terigu; 36% air; 1,6% gula; 1,6% shortening (mentega atau margarin); 1% tepung susu; 1% garam dapur; 0,8% ragi roti (yeast); 0,8% malt dan 0,2% garam mineral.

Roti meningkatkan daya konsentrasi

Roti merupakan salah satu hidangan kuno yang dijadikan sumber karbohidrat dan memiliki kandungan rendah lemak. Sebuah study yang dilakukan oleh Tufts University, Massachusetts, Amerika Serikat menemukan orang yang tidak mengonsumsi karbohidrat sulit berkonsentrasi dan fokus.

Hal tersebut berkaitan dengan sel otak yang butuh karbogidrat yang nantinya akan diubah menjadi glukosa. Saat memilih roti untuk sarapan, pilihlah roti dengan kualitas biji gandum yang baik. Tepung gandum adalah bahan utama roti yang dikombinasikan dengan ragi dan air. Roti whole wheat yang dibuat dari 100 persen tepung whole grain bisa menyediakan karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan phytochemicals.

Roti putih atau roti gandum?

Selain roti putih, kita juga mengenal roti gandum yang berwarna kecoklatan. Roti putih dibuat dari tepung terigu kuat, yaitu tepung yang mampu memiliki banyak manfaat seperti menyerap air dalam jumlah besar, dapat mencapai konsistensi adonan yang tepat, serta memiliki elastisitas yang baik untuk menghasilkan roti dengan remah yang halus.

Secara psikologis, roti putih dianggap lebih bersih, murni, bebas cemaran dan lebih aman. Dengan harga yang umumnya lebih murah, maka roti putihpun dapat menjadi pilihan untuk menu sarapan Anda.

Demikianlah beberapa informasi terkait dengan manfaat sarapan sehat dengan selembar roti. Nah, seberapa seringkah kamu sarapan dengan roti? Jika bosa dengan menu sarapan yang biasa-biasa saja, Anda juga bisa memilih roti sebagai menu breakfast pagi ini.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *