Sejarah Dan Cara Membuat Pancake

pancakes

 

Pancake adalah salah satu makanan yang sudah dikenal banyak orang. Selain rasanya yang manis, kudapan ini juga dikenal karena bentuknya yang bulat dan sering disajikan sebagai menu sarapan modern.

Pancake sebenarnya memiliki beragam bentuk dan penyajian. Di beberapa negara, pancake dikonsumsi dengan gaya dan resep beragam. Ada yang dikonsumsi sebagai makanan manis, gurih, baik dengan bentuk yang tipis maupun tebal.

Meskipun banyak dipalikasikan dengan gaya dan rasa yang berbeda-beda, tetapi tahukah kamu tentang seluk beluk serta sejarah dari makanan yang biasanya dikenal juga dengan nama panekuk tersebut?

Jauh sebelum Pancake menyebar ke daratan Amerika hingga Asia, masyarakat Romawi sebenarnya sudah mengenal Pancake terlebih dahulu dimana mereka menggunakan roti gepeng, dari tepung, susu, telur dan bumbu lainnya kemudian dibakar dalam wajan. Sebelum dinamakan dengan Pancake, masayarakat Romawi menamakan kudapan tersebut dengan nama “Alita Dolcia”.

Jika Anda berfikir menyajikan dan mencicipi Pancake dengan sirup dan mapple hanya ada baru-baru ini, maka Anda salah karena ternyata Masyarakat Romawi pada saat itu sudah mengonsumsi Pancake dengan campuran Madu dan sirup buah-buahan.

Pada perkembangannya, pancake juga diadopsi di berbagai negara dengan beragam nama-nama yang cukup unik. Di Jerman, pancake dibuat dalam bentuk yang lebih padat dengan kentang sebagai bahan utamanya. Masyarakat disana menyebut Pancake dengan sebutan pfannkuchen.

Berbeda dengan di Perancis, di negeri Eiffel ini pembuatan panekuk ada yang berbentuk tipis dan crispy dimana makanan yang satu ini disebut dengan crepes namun ada juga varian seperti galettes yang lebih mengembang dan tebal, seperti roti.

Pancake sangat erat kaitannya dengan sarapan, maka tidak sedikit orang di beberapa daerah yang mencicipi Pancake termasuk pancake instan gandum mas dengan lelehan sirup diatasnya saat Sarapan tiba.

Lantas bagaimanakah cara membuat pancake itu sendiri? simak cara pembuatannya berikut ini :

Bahan – bahan yang harus disiapkan diantaranya :

– 250 ml susu cair
– 100 gram tepung terigu
– 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
– Margarin untuk olesan
– Garam sedikit

Topping :

– Es krim
– Sirup Mapple

Cara membuat Pancake :

1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dalam sebuah wadah atau baskom hingga rata, atau bisa juga dengan menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah hingga adonan rata.

2. Kemudian kocok putih telur hingga kaku dengan menggunakan garpu, lalu masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk hingga rata. Atau bisa juga dengan menggunakan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam tepung terigu, aduk rata dan tambahkan sedikit demi sedikit. Kemudian masukkan adonan terigu ke dalam putih telur.

3. teflon dengan diameter paling kecil, oles dengan margarin, kecilkan api.

4. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, lalu tutup sebentar. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan pinggirnya sedikit mengeras.

5. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.

6. Hidangkan pancake dengan sirup maple diatasnya dan tambahkan es krim diatas pancake yang telah disiram dengan sirup.
7. Pancake sederhana siap untuk dihidangkan.

Itulah sedikit sejarah tentang Pancake dan cara membuatnya. Selamat mencoba!

Related Posts

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *