Sejarah Ditemukannya Coklat

1

Cokelat merupakan salah satu makanan yang begitu di gemari oleh banyak orang di muka bumi ini, rasanya yang khas menjadikan cokelat begitu melekat di hati para penggemarnya. Anda mungkin salah satu orang menggemari cita rasa cokelat. Namun tahukah anda bagaimana sejarah cokelat itu sendiri ditemukan? Simak ulasan singjkatnya berikut ini.

Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao).Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Cokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko. Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100 -1400 tahun SM . Residu yang diperoleh dari tangki-tangki pengolahan ini mengindikasikan bahwa awalnya penggunaan kakao tidak diperuntukkan untuk membuat minuman saja, namun selput putih yang terdapat pada biji kokoa lebih condong digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.

Itu adalah sepenggal sejarah ditemukannya cokelat untuk pertama kalinya. Semoga informasi berikut bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda. Gunakan selalu cokelat batang dari Colatta yang membuat taste makanan anda menjadi lebih enak dan nikmat wanginya. Rasakan sensasi cokelat yang berbeda denagan colatta ini.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *