Sejarah Umum Berkembangnya Bakery

2

Bakery atau biasa disebut sebagai istilah dari kue, roti dan pastry lainnya juga memiliki sejarah sendiri dan mengapa bisa tercipta sehingga bisa menjadi cemilan manis disaat sedang santai. Selain itu, jenis bakery bisa ditemui dimana saja karena sudah ada beberapa toko yang menyediakannya.

Namun, pernahkah anda berpikir untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah? Tidak perlu yang ribet karena ada produk yang tepat seperti coklat compound Gandum Mas tepat sebagai bahan kue Anda. Selain dari coklat itu, ada juga bahan lainnya yang bisa anda temukan di Gandum Mas.

Nah, diluar dari bahan serta produk pembuatan bakery ada sejarah berkembangnya bakery di masyarakat pada jaman dahulu. Bagaimana ceritanya? Berikut ini paparannya.

Kue, kue sendiri memiliki cita rasa yang manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue sendiri dulunya berasal dari kata serapan atai bahasa Hokkian Koe yang menunjukkan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara seperti contohnya kue bakpia dari China. Namun kebanyakan di Indonesia lebih memilih kue basah seperti lapis legit, risoles, pastel dan macam lainnya.

Pada walanya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan peranakan Tionghoa, namun dalam bahasa Indonesia istilah ini meluas dan sebutannya menjadi kue kering, pastry, dan kue tart atau bolu.

Kue dapat dimasak dengan berbagai cara seperti kukus, panggang atau digoreng juga bisa. Kue di Indonesia biasanya dikategorikan berdasarkan kada airnya, yaitu basah dan kering.

Kue basah sendiri umumnya empuk, bertekstur lembut dan tidka dapat bertahan lama. Hal ini pada umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula dan sangat hingga lebih mudah basi. Kue basah sendiri pada umumnya dimasak dengan cara dikukur, direbut atau digoreng.

Kue kering, jenis kue ini memiliki kadar air yang sedirikit sehingga dapat disimpan lebih lama dibandingkan dengan kue basah. Kue kering di Indonesia hampir termasuk dalam kategori cookies karena proses masaknya adalah dipanggang.

Nah, bagaiaman dengan bakery? Bakery sendiri adalah istilah yang digunakan uyntuk menyebut penganan berupa roti, cake, pastry dan sejenisnya. Mengapa disebut dengan bakert? Karena makanan ini umumnya dimasak dengan cara dipanggang. Meskipun sebagian ada yang dimasak dengan cara digoreng. Bahan dari bakery ini selalu sama seperti tepung terigu, lemak, gula, telur, garam, air atau susu.

Jika dibandingkan dengan kedua jenis kue yang diatas, bakery memiliki keiistimewaan dalam hal aroma. Aromanya sangat lezat dan dapat tercium dari jarak yang relatif jauh.

Nah, demikian penjelasan sejarah umum berkembangnya bakery. Untuk penjelasan dari sejarah kuenya tentu masing-masing asal dan negaranya sendiri. Untuk membuat kue yang lezat dengan aroma nikmat jangan lupa menggunakan bahan dari Gandum Mas.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *