Tips Agar Roti Mengembang Dengan Sempurna

April 2, 2015
admin
Comments Off on Tips Agar Roti Mengembang Dengan Sempurna

1

Roti merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menjadi pengganti nasi bukan? Sudah banyak saat ini jenis produk dari roti yang diproduksi sebagai kebutuhan masyarakat kini sebagai menu sarapan cepat saji dan tidak merepotkan. Namun tahukah anda cara roti tersebut dibuat?

Pernahkah berpikir ingin membuat roti sendiri atau puding instan Gandum Mas yang praktis di rumah? Tidak perlu takut untuk mencobanya. Karena semua orang dapat membuat roti sendiri di rumah jika memang ingin menciptakan homemade baru dari roti. Lalu kadang pernahkah mengalami kegagalan ketika membuatnya? Entah rotinya kurang mengembang atau bisa saja adonannya tidak jadi?

Semua bisa saja terjadi jika anda tidak tahu bagaimana cara membuat roti mengembang dengan baik. Jika anda ingin mengetahuinya lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Tepung terigu

Bahan satu ini sangat penting untuk ditaruh sebagia adonan roti anda. Karena jika tidak tentu bukan roti namanya bukan? Karena tepung terigu akan membuat roti menjadi lebih halus dan dapat kandungan giladinnya berfungsi sebagai perekat dan elastis. Selain itu kandungan glutenin di tepung terigu mampu menjaga adonan tetap kokoh dan menahan gas CO2 selama proses agar dapat mengembang serta berbentuk pori-pori.

2. Cairan

Pada adonan perhatikan apa saja yang harus masuk kedalamnya termasuk dengan cairan. Roti adakalanya harus dimasukan berupa cairan seperti air dingin, santan atau cairan lainnya yang sesuai dengan petunjuk resep. Kelebihan yang akan didapatkan dari cairan tersebut adalah membuat adonan menjadi lembek dan membantu penyebaran bahan lain menjadi tercampur rata.

3. Peralatan

Anda harus memperhatikan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan. Karena anda harus menggunakan peralatan yang harus benar-benar kering dan bebas dari minyak. Karena jika peralatan tersebut terdapat air dan minyak akan berpengaruh pada hasilnya.

4. Pengocokkan Adonan

Lihat bagian pengocokkan yang akan anda lakukan untuk membuat roti. Pastikan jika ketika anda ingin mengocokknya harus benar sampai mengembang dan berwarna putih.

5. Memasukan Bahan

Jika anda ingin memasukan bahan seperti mentega panas sebaiknya jangan dimasukan langsung. Karena jika mentega panas langsung dimasukkan akan berpengaruh pada hasil kue yang malah menjadi bantat/pendek malah tidak mengembang.

6. Memasukan Telur

Jika adonan mengharuskan telur untuk dimasukkan maka perhatikan suhunya. Jangan masukan telur dalam keadaan dingin yang setelah dikeluarkan dari kulkas. Masukan telur dalam keadaan suhu normal biasanya dan lakukan pengocokan dengan kecepatan sedang agar adonan merata sempurna.

7. Waktu Memasukan Adonan

Ketika anda ingin memanaskan adonan sebaiknya siapkan ovennya terlebih dahulu dan sudah panas suhunya. Karena adonan kue akan berpengaruh pada suhu oven yang belum dingin atau masih belum panas.

Demikian tips untuk membuat roti mengembang dengan sempurna. Jangan lupa untuk perhatikan adonan serta loyang yang akan digunakan sebagai tempat kue. Jangan sembarangan memberikan bahan yang tidak sesuai dengan resepnya.