Tips Mencairkan Coklat Dengan Benar

1

Cokelat merupakan salah satu makan favourit yang begitu di minati oleh banyak orang, selain cita rasanya yang khas namun juga karakteristik nya yang sangat mudah untuk di jadikan bahan dasar sebuah makanan menjadikannya begitu sering digunakan oleh setiap orang. Apakah anda salah satu orang yang sering menggunakan cokelat sebagai bahan dasar masakan anda? Untuk menggunakan cokelat sebagai bahan dasar sebuah hidangan makanan tentu cokelat tersebut harus melalui proses pencairan terlebih dahulu.

Namun dalam proses pencairannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa merusak kualitas dan rasa cokelat itu sendiri.Salah satu langkah terbaik untuk mencairkan cokelat adalah dengan  teknik double boiler. Maka dari itu simaklah beberapa tips mencairkan cokelat secara benar dengan teknik double boiler berikut ini.

1) Cincang dark cooking chocolate (atau milk cooking chocolate, atau white cooking chocolate; intinya sama tetapi milk & white chocolate meleleh pada suhu yang lebih rendah dari DCC) menjadi potongan kecil-kecil yang seragam (supaya meleleh pada waktu yang bersamaan). Letakkan di wadah stainless steel atau panci teflon kecil (panci A)

2) Siapkan air untuk mengetim, bisa menggunakan panci dadar yang besar atau wajan yang ada sisi datarnya (panci B).

3) Nyalakan kompor, api sedang atau besar. Tunggu, jangan ditinggal.

4) Begitu muncul gelembung pertama di dasar wajan, matikan kompor. Air jangan sampai terlalu mengeluarkan banyak uap. Catatan: bisa juga menggunakan termometer.

5) Letakkan panci A di atas panci B. Aduk2 sedikit, sekedar meratakan coklat. Catatan: jangan berambisi coklat langsung cair pada tahap ini, apalagi sampai menyalakan kompor lagi. Tinggal saja selama 5 menit supaya tidak terasa lama.

6) Setelah 5 menit, aduk lagi. Jika sudah cukup banyak coklat yang mencair (sekitar 80%), angkat panci A dan terus aduk2 sehingga semua coklat mencair.

7) Jika coklat kembali membeku, ulangi dari langkah 3 / 4.

Jika coklat menggumpal, ada beberapa kemungkinan.

1) Suhu terlalu panas.
Untuk mencairkan coklat hanya butuh suhu 40°C, artinya, hanya 3 derajat lebih panas dari suhu badan kita. DCC tidak boleh dipanaskan lebih dari 120 derajat Fahrenheit (= 49 °C) dan MCC / WCC tidak boleh dipanaskan lebih dari 110 derajat Fahrenheit (= 43 °C) karena akan menggumpal.

2) Cincangan coklat tepercik air sebelum cair benar

3) Coklat sudah lama atau tidak disimpan dengan benar (walaupun belum kadaluarsa)

Demikian merupakan cara mencairkan cokelat dengan benar untuk anda, untuk hasil cokelat yang lebih enak jangan lupa gunakan Colatta saja sebagai pilihannya. Keunggulan dari cokelat Colatta membuat rasa dari makanan yang dibuat menjadi lebih terasa dan wanginya sangat nikmat. Selera makan anda pun menjadi lebih bertambah dengan cokelat dari Colatta ini.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *