Follow Us

Close Language Selection

Gandum Mas Kencana Terpilih sebagai Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Asia

Gandum Mas Kencana Terpilih sebagai Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Asia

PT Gandum Mas Kencana (GMK) selaku produsen cokelat dengan brand Colatta, Haan, Bendico, dan La Kreiva berhasil terpilih sebagai salah satu perusahaan tempat kerja terbaik di Asia tahun 2022 oleh HR Asia. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang secara konsisten menciptakan suasana bekerja yang nyaman dan menyenangkan sehingga menghasilkan skor tingkat keterlibatan tertinggi.

 

Tak hanya itu, GMK yang memasarkan produknya baik di pasar domestik maupun internasional ini juga sekaligus mendapat penghargaan berikutnya, yaitu WE CARE: HR Asia Most Caring Companies Award 2022. Penghargaan WE CARE diberikan HR Asia kepada perusahaan yang menjadi teladan dalam membangun budaya kerja yang penuh empati dan kepedulian di dalam organisasinya.

 

"Kami sangat bersyukur dan merasa terhormat menerima penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2022 dan We Care Award. Prestasi ini tak mungkin dapat diraih tanpa kolaborasi seluruh tim di GMK," papar Susanna Solichin, CEO PT. Gandum Mas Kencana.

 

Berbasis di Singapura, HR Asia Awards memberikan penghargaan ini kepada perusahaan-perusahaan unggul dari berbagai industri dengan praktik SDM terbaik. William Ng, Pimpinan Business Media Interntional (BMI) majalah HR Asia menyampaikan, “Penghargaan ini didasarkan pada data penelitian yang komprehensif, di mana organisasi mengukur keunggulan mereka melalui survei terhadap karyawannya dan dibandingkan dengan perusahaan unggul lainnya.”

 

Proses seleksi dilakukan HR Asia terhadap 305 kandidat Best Companies to Work for in Asia dan 62 perusahaan menerima penghargaan bergengsi ini karena berhasil menunjukkan skor tertinggi dalam Total Engagement Assesment Modeltm (TEAM), metode khusus yang dikembangkan HR Asia untuk mengukur tingkat keterlibatan karyawan. Sementara itu, WE CARE: HR Asia Most Caring Companies Award hanya diberikan secara eksklusif kepada 16 perusahaan terbaik.

 

“Prestasi ini menjadi tonggak pencapaian penting dalam perjalanan kami membangun budaya perusahaan yang baik selama 38 tahun Gandum Mas berdiri. Meski demikian, penghargaan ini sekaligus menjadi pengingat bahwa budaya positif yang telah kami bangun, perlu terus dihidupi, dikembangkan dan dijaga bersama,” tambah Susanna.

 

GMK yakin bahwa budaya kerja yang positif merupakan pondasi dari lahirnya pencapaian kinerja terbaik. Untuk itu, membangun budaya perusahaan menjadi salah satu fokus strategi utama GMK. Upaya-upaya dalam menciptakan budaya yang membuat karyawan merasa nyaman dan senang saat bekerja dirangkum dalam Employee Value Proposition GMK yang disingkat IDEAS, yang merupakan singkatan dari: Involvement, Development, Empowerment, Acknowledgement, dan Support.

 

“Mengusung tagline ‘Energized and Happy People’ GMK ingin menciptakan tempat kerja yang penuh antusiasme dan kebahagiaan. Ketika karyawan merasa kerja keras mereka diakui dan dihargai, ini memotivasi mereka untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja hebat mereka,” papar Titian Utami, Senior Manager of Organization and People Development GMK yang dikenal dengan panggilan Tian.

 

Pengembangan Diri Karyawan

Penyebaran COVID-19 yang cukup dramatis telah mengganggu kehidupan, mata pencaharian, dan bisnis di seluruh dunia, tak terkecuali GMK. “Kami melakukan semua yang kami bisa untuk melindungi karyawan dan keluarga mereka dari penyebaran COVID-19, sambil terus menjajaki strategi untuk menjaga perusahaan tetap berjalan dengan baik,” pungkas Tian.

 

Saat badai Covid-19 menghantam, lini penjualan juga terkena imbasnya, namun GMK berhasil melaluinya dengan mengembangkan beragam strategi, salah satunya dengan meluncurkan GELIS: GMK E-Learning System, sebuah platform e-learning in-house dengan tujuan untuk memberikan pelatihan, terutama bagi tenaga penjualan yang tersebar di seluruh tanah air dan mancanegara.

 

Fokus GMK pada pengembangan karyawan memang menjadi bagian dari strategi utama. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1985 ini secara berkala menyelenggarakan Leadership Academy, Manufacturing Academy, dan Commercial Academy untuk memastikan bahwa keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi karyawan GMK tetap mutakhir.

 

Peran Serta Karyawan

Keterlibatan karyawan terlihat dari aktifnya Komite Serikat Pekerja dalam diskusi kebijakan manajemen untuk memastikan bahwa suara dan umpan balik karyawan didengar. Karyawan juga dapat setiap saat menyampaikan pendapat atau pertanyaan ke manajemen melalui Kotak Saran Online. Selain itu, GMK juga mendukung mantan karyawannya dengan meluncurkan KAGUM (Keluarga Alumni GMK), sebuah inisiatif yang diluncurkan untuk memfasilitasi dan menjaga hubungan baik antara karyawan, mantan karyawan dan manajemen GMK.

 

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terbaik kepada G-People (sapaan akrab keluarga GMK) dengan membuat kebijakan yang berorientasi pada people. Untuk meningkatkan work-life balance G-People, kami juga menginisiasi kegiatan rekreasi yang kami sebut Fun at Work, antara lain GMK Got Talent, Sport Competition, Breakout, dan masih banyak lagi,” ujar Pangudi Prayoga, GM Human Capital GMK.


Related News and Media